PRINSIP DAN TEKNIK PENGAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA PRA-SEKOLAH

Main Article Content

Iin Inawati

Abstract

Pengajaran bahasa Inggris untuk anak di Indonesia semakin berkembang, bahkan bahasa Inggris sudah dikenalkan di taman kanak-kanak baik di kota maupun di desa. Demi tercapainya kesuksesan dalam mengajarkan bahasa Inggris untuk anak, khususnya usia pra-sekolah, guru harus memiliki pengetahuan tentang karakteristik belajar anak yang nantinya mempengaruhi teknik pengajaran bahasa Inggris untuk anak yang sesuai dengan karakteristik belajar anak. Karakteristik tersebut antara lain: 1) anak-anak belajar dari pengalaman fisik (learning by doing); 2) anak-anak mengalami kesulitan membedakan konsep konkret dan abstrak; 3) anak-anak dapat berkonsentrasi hanya dalam rentang waktu yang singkat; 4) anak-anak belajar dengan cara yang menyeluruh;  dan 5) anak-anak menyukai pengulangan. Dengan mengetahui karakteristik belajar anak maka guru diharapkan dapat menerapkan teknik mengajar yang menarik, misalnya bernyanyi, permainan, bercerita, role-play, atau TPR sehingga prinsip bermain sambil belajar bagi anak pra-sekolah dapat diterapkan dengan sebenar-benarnya.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Iin Inawati, STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

References

Akbari, O. 2008. Teaching Vocabulary Items through Contextualization and Picture to Elementary Iranian EFL Students. (http://www.asian-efl-journal.com/ september_08_oa.php)

Bedson, G. and Gordon, L. 2004. Resource Books for Teachers Series Editor Alan Maley: Games for Children. Oxford: Oxford University Press.

Brown, H. D. 2001. Teaching by Principle: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Longman.

Fleta, M. T. 2007. The Role of Interaction in the Young Learners’ Class. Encuentro 17, pp. 6-17)

Girard, D. et al. 2003. The Primary English Teacher’s Guide. England: Penguin English.

Inawati, I. 2010. Teaching English to Young Learners through Role Play: A case study at a private kindergarten in Bandung). Bandung: Indonesia University of Education. (Tesis, tidak dipublikasikan).

Leny, 2006. Teaching Vocabulary through Pictures to Kindergarten Students. Jakarta: English Department, Faculty of Tarbiyah and Teachers Training, Syarif Hidayatullah state Islamic university. Thesis. (Accessed from http://idb4.wikispaces.com/file/view/.pdf retrieved on March 19th, 2010)

Musthafa, B. 2008. Teaching English to Young Learners: Principles and Techniques. Bandung: UPI

Paul, D. 2007. Teaching Children in Asia. Hong Kong: Pearson Longman.

Phillips, S. 1996. Drama with Children. Oxford: Oxford University Press.

Suyanto, K.K.E. 2008. English for Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara.