PENANAMAN KOMPETENSI INTI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI PAUD TERPADU AN-NUUR

Main Article Content

Tri Utami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran ilmiah untuk pengembangan kompetensi inti di PAUD An-Nuur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang diarahkan pada penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan ilmiah dilakukan melalui lima tahap atau kegiatan meliputi observasi, tanya, mengumpulkan informasi, alasan / rekan kerja dan berkomunikasi. Bentuk kompetensi inti tanam yang tertanam dalam PAUD An-Nuur antara lain: (1) KI-1 (sikap spiritual) ditanamkan melalui habituasi anak-anak untuk menjalani ajaran-ajaran Islam; (2) KI-2 (Sikap Sosial) ditanamkan melalui habituasi kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada anak sekolah sebagai sikap mandiri, disiplin, kerja sama, jujur, peduli, percaya diri, dan nilai-nilai kehidupan lainnya; (3) KI-3 (Pengetahuan) ditanamkan bersama anak-anak yang diundang untuk bertemu dan menemukan pengetahuan mereka sendiri melalui pembelajaran pendekatan ilmiah; (4) KI-4 (Keterampilan) ditanamkan dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan apa yang mereka ketahui dan melalui keterampilan bahasa dan karya kreatif anak-anak di setiap pusat.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Tri Utami, Program Studi PAUD IAIN Surakarta

Program Studi PAUD IAIN Surakarta

References

Cathy Nutbrown, dan Peter Clough, Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Daryanto, Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013, Yogyakarta: Gava Media, 2014.

Ditjen PAUDNI, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD, Jakarta: Kemendikbud, 2014.

Ditjen PAUDNI, Pedoman Pendekatan Saintifik, Jakarta: Kemendikbud, 2014.

Ditjen PAUDNI, Pedoman Pengenalan Kurikulum 2013 PAUD, Jakarta: Kemendikbud, 2014.

Hope K. Gerde, dkk., Using the Scientific Method to Guide Learning: An Integrated Approach to Early Childhood Curriculum, (early childhood education journal: Springer, 2013.

Morrison, George S., Dasar-dasarPendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks, 2013.

Suryana, Dadan, dkk., Dasar-dasar Pendidikan TK, Jakarta: Universitas Terbuka, 2014.

Yuliani Nurani, dkk., Implementasi Kurikulum 2013 PAUD, Jakarta: Yayasan Yebefo, 2015.

Yuliani Nurani Sujiono, , Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks, 2013.

Yus Anita, Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

___. 2015. Permendikbud No. 137 Tahun 2014. Jakarta : Direktorat Pembinaan PAUD, Kemendikbud.

___. 2015. Permendikbud No. 146 Tahun 2014. Jakarta : Direktorat Pembinaan PAUD, Kemendikbud.