Pendidikan Toleransi Beragama Bagi Generasi Milenial
Main Article Content
Abstract
Article Details
All manuscripts published in the Misykat al-Anwar Journal of Islamic Studies and Society are entirely the property of the author, as for the entry and unpublished script of the journal, the copyright is wholly the property of the author.
All manuscripts published in the Misykat al-Anwar Journal of Islamic Studies and Society are open to the public by following the provisions of the CC-BY-NC-SA (Attribution Non Commercial Share Alike) platform where everyone is allowed and permitted to adapt, the results of the study with the provision should provide citation credit to the author (citation) not for commercial purposes, and one must make a similar provision to the results of his research.
---
Semua naskah yang diterbitkan dalam Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat sepenuhnya menjadi hak milik penulis, adapun naskah yang masuk dan belum diterbitkan oleh jurnal, hak cipta sepenuhnya milik penulis.
Semua naskah yang diterbitkan dalam Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat terbuka untuk umum (open access) dengan mengikuti ketentuan platform CC-BY-NC-SA (Attribution Non Commercial Share Alike) semua orang diperbolehkan untuk menyadur, merujuk dan mengadaptasi tulisan/hasil penelitian dengan ketentuan harus memberikan kredit rujukan kepada penulis (citation) bukan untuk kepentingan komersial, dan seseorang harus melakukan ketentuan yang serupa terhadap hasil penelitiannya.
References
Amin Suma, Muhammad. Pluralisme Agama Menurut Al-Qur’an. Jakarta, Pustaka Firdaus, 2001.
Antonio, Syafii. Muhammad Saw: The Super Leader Super Manager. Jakarta, ProLM Centre dan Tazkia Publishing, 2015.
Baidhawy, Zakiyuddin. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta, Erlangga, 2005.
Casram. Membangun Sikap Toleransi Beragama dalam Masyarakat Plural. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1, 2 (Juli 2016): 187-198.
Endang, Busri. Mengembangkan Sikap Toleransi dan Kebersamaan di Kalangan Siswa. UNTAN Pontianak, Jurnal Visi Pendidikan, Vol 1 No 2, halaman 89-105, 2009.
Idris Jauhari, Muhammad. Mabadi’u Ilmi at-Tarbiyah. Al-Amien Prenduan, Mutiara Press, 2008.
Idris Jauhari, Muhammad. Pembudayaan Hidup Islami, Tarbawi dan Ma’hadi Sumenep, Mutiara al-Amien Prenduan, 2005.
Jati, Wasisto Raharjo. Toleransi Beragama dalam Pendidikan Multikulturalisme Siswa SMA Katolik Sang Timur Yogyakarta. LIPI: Cakrawala Pendidikan, Februari 2014, Th. XXXIII, No. 1.
Khusnun Nisa’, Anita, dan Nur Tualeka, M. Wahid. Kajian Kritis Tentang Toleransi Beragama dalam Islam. UMS Surabaya, AL-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama/Vol. 2, No. 2, 2016.
Misrawi, Zuhairi. Al-Qur’an Kitab Toleransi: Inklusivisme, Pluralisme dan Multikulturalisme. Jakarta, Penerbit Firah, 2007.
Mutiara, Kholidia Efining. Menanamkan Toleransi Multi Agama sebagai Payung Anti Radikalisme (Studi Kasus Komunitas Lintas Agama dan Kepercayaan di Pantura Tali Akrab). Stain Kudus, Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan Volume 4 Nomor 2, 2016.
Nadlir, Moh. "Tahun 2017, Pelanggaran Kebebasan Beragama Terbanyak di Jawa Barat". Jakarta: Kompas 15/01/2018.
Naim, Ngainum dan Sauqi, Achmad. Pendidikan Multkultural Konsep dan Aplikasi. Yogjakarta, Ar-Ruzz Media, 2010.
Nuryatno, M. Agus. Mengubah Paradigma Pendidikan Agama. Kompas, 13 Januari 2012.
Nasution, Harun. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya. Jakarta, UI-Press, 2010.
Nata, Abuddin. Metodologi Studi Islam. Jakarta, PT RajaGrafindo Persada, 2014.
Qodir, Zuly. Muhammadiyah dan Multikulturalisme. Kompas, Sabtu, 17 Desember 2012.
Said, Nur. Pendidikan Toleransi Beragama untuk Humanisme Islam di Indonesia. Jurnal STAIN Kudus, Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 12, No. 2, Agustus 2017, halaman 409 - 432.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Alquran. Jakarta, Penerbit Lentera Hati, 2017.
Silberman, Melvin L. Active Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nuansa Cendekia, 2016
Supriyanto, Agus, dan Wahyudi, Amien. Kala Karakter Toleransi: Konsep dan Operasional Aspek Kedamaian, Menghargai Perbedaan dan Kesadaran Individu. UAD Yogyakarta, Jurnal Ilmiah Counsellia, Volume 7 No. 2, Nopember 2017 : 61-70.
Suyuthi, Jalaluddin. Sebab Turunnya Ayat Alquran, Lubaabun Nuquul fii Asbaabin Nuzuul. Kairo, Darut- Taqwa, terj. Tim Abdul Hayyie. Depok, Gema Insani, 2009.
Syafii Maarif, Ahmad. Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan. Jakarta, PT Mizan, 2009.
Yaqin, M. Ainul. Pendidikan Multikutural. Yogyakarta, Nuansa Aksara, 2005.
Zaini. Penguatan Pendidikan Toleransi Sejak Usia Dini (Menanamkan Nilai-nilai Toleransi dalam Pluralisme Beragama Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Kabupaten Tulungagung Tahun 2010). STAIN Tulungagung: Jurnal Pendidikan, 2010.