Upaya Nahdlatul Ulama dalam Melawan Kolonialisme dan Imperialisme pada Masa Pergerakan Nasional Indonesia 1926 – 1942
Main Article Content
Abstract
Article Details
All manuscripts published in the Misykat al-Anwar Journal of Islamic Studies and Society are entirely the property of the author, as for the entry and unpublished script of the journal, the copyright is wholly the property of the author.
All manuscripts published in the Misykat al-Anwar Journal of Islamic Studies and Society are open to the public by following the provisions of the CC-BY-NC-SA (Attribution Non Commercial Share Alike) platform where everyone is allowed and permitted to adapt, the results of the study with the provision should provide citation credit to the author (citation) not for commercial purposes, and one must make a similar provision to the results of his research.
---
Semua naskah yang diterbitkan dalam Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat sepenuhnya menjadi hak milik penulis, adapun naskah yang masuk dan belum diterbitkan oleh jurnal, hak cipta sepenuhnya milik penulis.
Semua naskah yang diterbitkan dalam Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat terbuka untuk umum (open access) dengan mengikuti ketentuan platform CC-BY-NC-SA (Attribution Non Commercial Share Alike) semua orang diperbolehkan untuk menyadur, merujuk dan mengadaptasi tulisan/hasil penelitian dengan ketentuan harus memberikan kredit rujukan kepada penulis (citation) bukan untuk kepentingan komersial, dan seseorang harus melakukan ketentuan yang serupa terhadap hasil penelitiannya.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. Doi: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Afandi, A. N., Swastika, A. I., & Evendi, E. Y. (2020). Pendidikan pada masa pemerintah kolonial di hindia belanda tahun 1900-1930. Jurnal Artefak Vol, 7(1).
Aprilia, A, K. (2017). Peran Nahdlatul Ulama dalam Pergerakan Nasional Indonesia Tahun 1926-1945. (Tesis). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jember.
Aprilia, A. K., Sugiyanto, S., & Handayani, S. (2017). The role of nahdlatul ulama on indonesian national movement on 1926-1945. Jurnal Historica, 1(2), 255-267.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. Jakarta: Kemendikbud
Darmawan, W. (2010). Potret Kehidupan Sosial-Ekonomi Di Kabupaten Indramayu (Tinjauan Historis Tahun 1970-2007). Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 142-50.
Daulay, H. P., Dahlan, Z., Lestari, D., & Wangsa, D. (2020). Pergumulan Islam Indonesia Dengan Kolonial Abad Ke 18 dan 19. Jurnal Kajian Islam Kontemporer (JURKAM), 1(2), 110-120.
Eryanto, D. P., Gono, J. N., Rakhmad, W. N., & Yulianto, M. (2015). Pesan Propaganda Ideologi Imperialisme dalam Film Transformers. Interaksi Online, 3(4).
Etriadi, E. (2018). Potret Perkembangan Islam Di Indonesia. Jurnal
Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 4(1),
-44. Doi: https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v4i1.139
Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Hubungan Nahdlatul Ulama Dengan Negara Bangsa Indonesia Masa Prakemerdekaan Hingga Awal Kemerdekaan (1926-1945). MITITA JURNAL PENELITIAN, 1(2), 8-13.
Farih, A. (2016). Nahdlatul Ulama (NU) dan Kontribusinya dalam
Memperjuangkan Kemerdekaan dan Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 24(2), 251-284.
Halim, I. A. (2017). Gerakan Sosial Keagamaan Nahdlatul Ulama Pada Masa Kebangkitan Nasional. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya, 2(1), 35-50. Doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6711
Haris, M. (2012). Potret Partisipasi Politik NU Di Indonesia Dalam Lintasan Sejarah. JRP (Jurnal Review Politik), 2(2), 135-152.
Harun, C., Terry, H., & Dasfordate, A. (2023). Organisasi Pemuda Masa Pergerakan Nasional Indonesia (1908-1928). Jurnal Pendidikan Sejarah: Media Kajian Pendidikan Sejarah, Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(2), 449-477.
Hayati, R. R., & Masyudi, F. (2023). Pendidikan Islam Di Nusantara Sebelum Kemerdekaan: Studi Kasus Kebijakan Politik Kolonial Belanda Dan Jepangterhadap Pendidikan Islam Di Indonesia. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 299-306. Doi: https://doi.org/10.62504/0b68az09
Herdiani, E. (2016). Metode sejarah dalam penelitian tari. Jurnal Seni Makalangan, 3(2), 824-829. Doi: http://dx.doi.org/10.26742/mklng.v3i2.889
Hidayat, A. (2019). Nahdlatul Ulama Pada Masa Pemerintahan Presiden Soekarno (1945-1966). Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 2(3), 272-282. Doi: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v2i3.9217
Julhadi, J., & Ahmad, N. (2022). Organisasi Sosial Keagamaan Dan Pendidikan Islam (Nahdatul Ulama). Mauizhah: Jurnal Kajian Keislaman, 11(1), 1-47.
Najib, A. A. (2020). Konsep Dasar Pendidikan Nahdlatul Ulama KH. Hasyim Asy'ari. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), DOI:
https://doi.org/10.36840/ulya.v5i1.244
Nuryadi, N. (2017). Gambaran Imperialisasi dan Kolonialisasi di Pulau Jawa Abad Ke-19 dalam Travel Writing: A Visit to Java Karya William Basil Worsfold. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 93-103. Doi: https://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v4i2.637
Paisun, P. (2018). Analisis Terhadap Pemikiran Wahid Hasyim tentang Pembaruan Pendidikan Pesantren. Jurnal Pemikiran Dan Ilmu Keislaman, 1(1), 110-134.
Perdana, Y & Pratama, R, A. (2022). Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia. Klaten: Penerbit Lakeisha.
Rakhman, S. (2021). Dinamika Perkembangan Politik Nahdatul Ulama Pasca Khittah Tahun 1984-1999. HEURISTIK: Jurnal Pendidikan Sejarah, 1(1), 8-17.
Rofiah, Z. (2022). Telaah konseptual slogan hubbul wathan minal iman kh. hasyim asy’ari dalam meningkatkan kesadaran bela negara. JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 21(1), 39-51.
Doi: https://doi.org/10.29138/lentera.v21i1.596
Royani, A. (2020). Pesantren Dalam Bingkai Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 2(1), 121-128. Doi:
https://doi.org/10.33852/jurnalin.v2i1.75
Sudiarti, S., US, K. A., & Saleh, A. S. (2020). Sistem Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dipengaruhi oleh Politik. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 1-13.
Sultani, Z. I. M., & Kristanti, Y. P. (2020). Perkembangan Dan Pelaksanaan Pendidikan Di Zaman Kolonial Belanda Di Indonesia Abad 19-20. Jurnal Artefak, 7(2), 91-106. Doi: http://dx.doi.org/10.25157/ja.v7i2.3518
Sumanti, S. T. (2018). Analisis Kebijakan Pemerintah Kolonial Belanda Terhadap Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama (JISA), 1(1), 44-62. Doi: http://dx.doi.org/10.30829/jisa.v1i1.1791
Syakur, A., & Yusuf, M. (2020). Pendidikan Islam Pada Masa Penjajahan. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 37-47. Doi: https://doi.org/10.55623/au.v1i1.5
Wibowo, B. A. (2022). Education As A Form Of Resistance Ki Hadjar Dewantara Towards Occupation. Proceeding Humanities: Teacher Training and Education, 4(1), 22-28.