ANALISIS SWOT TERHADAP UPAYA MEMBENTUK SANTRI MENJADI TANGGUH DAN MANDIRI (STUDI PESANTREN MUHAMMADIYAH DARUL ARQOM DEPOK)
Main Article Content
Abstract
Article Details
All manuscripts published in the Misykat al-Anwar Journal of Islamic Studies and Society are entirely the property of the author, as for the entry and unpublished script of the journal, the copyright is wholly the property of the author.
All manuscripts published in the Misykat al-Anwar Journal of Islamic Studies and Society are open to the public by following the provisions of the CC-BY-NC-SA (Attribution Non Commercial Share Alike) platform where everyone is allowed and permitted to adapt, the results of the study with the provision should provide citation credit to the author (citation) not for commercial purposes, and one must make a similar provision to the results of his research.
---
Semua naskah yang diterbitkan dalam Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat sepenuhnya menjadi hak milik penulis, adapun naskah yang masuk dan belum diterbitkan oleh jurnal, hak cipta sepenuhnya milik penulis.
Semua naskah yang diterbitkan dalam Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat terbuka untuk umum (open access) dengan mengikuti ketentuan platform CC-BY-NC-SA (Attribution Non Commercial Share Alike) semua orang diperbolehkan untuk menyadur, merujuk dan mengadaptasi tulisan/hasil penelitian dengan ketentuan harus memberikan kredit rujukan kepada penulis (citation) bukan untuk kepentingan komersial, dan seseorang harus melakukan ketentuan yang serupa terhadap hasil penelitiannya.
References
Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori (2005). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ali, Mohammad Daud dan Habibah Daud (1995). Lembaga–Lembaga Islam di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arief, Armai (2007). Reformulasi Pendidikan Islam. Ciputat: CRDS Press.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin , Burhan. (2008). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Sosial. Jakarta: Prenada Media Group.
Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Burhani, Ahmad Najib. (2016). Muhammadiyah Berkemajuan. Bandung : PT Mizan Pustaka,
Chusein, Choeron. (1987). PersoalanFungsi, Bukan Status dalam P3M, Jurnal Pesantren No.2/Vol.IV/1987. Jakarta: P3M.
Departemen Agama RI DirektoratJenderal Kelembagaan Agama Islam. Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren Proyek Peningkatan Pendidikan Luar Sekolah pada Pondok Pesantren, Pola Pengembangan Pondok Pesantren. Jakarta : 2003
Depdiknas. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Pesarta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam. 1993. Ensiklopedi Islam. Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van
Hoeve. Cetakan Pertama.
Dhofier, Zamakhsyari. (1983). Tradisi Pesantren. Yogyakarta: LP3ES.
Djam’an, Satori dan Aan, Komariah. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Dunnette. (1976). Keterampilan Pembukuan. Jakarta : PT. Grafindo Persada.
Fachrudin. (2015). Statuten Reglemen dan Extac der Besluit dari Perhimpunan
Muhammadiyah Yogyakarta, dalam Boeah Fikiran K.H.A. Dachlan. Jakarta, Global
Base Review & STIEAD Press.
Fatimah, Enung. (2016). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung:
CV Pustaka Setia.
Hadi, Sutrisno. (2008). Metodologi Research II. Jogja : Siliwangi
Haedar Nashir: Tujuh Ciri Pesantren Berkemajuan. See - https://ibtimes.id/haedar-nashir-
tujuh-ciri-pesantren-berkemajuan/ diakses pada tanggal 17/01/2022
Hamka. (2003). Tafsir Al-Azhar. Singapura
Hartati, Netty et. (2004). Al. Islam & Psikologi. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.
Hasan, Tholhah. (1987). Jangan Dituntut Terlalu Banyak dalam P3M, Jurnal Pesantren No.
/Vol.IV/1987 Jakarta: P3M.
Hasbullah. (1999). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan
Perkembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hasyi, Umar. (1983).Mencari Ulama Pewaris Nabi (Selayang Pandang Sejarah Para Ulama).
Surabaya:PT. Bina Ilmu, Cetakan Kedua.
Hsubky, Badruddin. (1995). Dilema Ulama Dalam Perubahan Zaman. Jakarta: Gema Ihsani,
Cetakan Pertama.
Jamal Ma’mur Asmani. (2003). Profil Kemandirian dan Orientasi Timbangan Sosial
Mahasiswa serta Kaitannya dengan Perilaku Empatik dan Orientasi Nilai Rujukan:
Disertasi. Bandung: Program Pascasarjana IKIP Bandung.
al-Jazairy, Sufyan. (2012). Aṣ năful Ulama Wa Auṣ ofuhum (Potret Ulama Antara Yang
Konsisten & Penjilat). Terj. Muhammad Saffuddin. Solo: Jazera, Cetakan Kedua.
Katsir, Abul Fida Ismail Ibnu. (1991). Tafsir Al-Qur`annul „Adzim. Beirut:Daarul Jiil.
Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan 3. Bandung: Alfabeta.
Lazuardi. (2018). Sistem dan Orientasi Pendidikan Pesantren Muhammadiyah di Sumatera
Utara (Disertasi). Medan: Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
Machali, Imam dan Ara Hidayat (2016). The Handbook Of Education Management (Teori,
dan Praktik Pengelolaan Sekolah/ Madrasah di Indonesia). Jakarta: Prenadamedia
Group.
Mahmudah, Imroatul. (2009. Perbedaan Ketangguhan Pribadi (Hardiness) Antara Siswa Dan
Siswi Di Sekolah Menengah Pertama Daerah Rawan Abrasi. Jurnal Ilmiah Berkala
Psikologi Vol. 11, No. 2.
Manjta W. (2005). Etografi: Desain Penelitian Kualitatif Dan Manajemen Pendidikan.
Malang: Wineka Media.
Mas’udi, M. Ali. (2015). Peran Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Bangsa, Jurnal
Paradigma 2, no. 1
Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS XX.
Masyhud, M. Sulthon dan M. Khusnurridlo. (2003). Manajemen Pondok Pesantren, cet. 1.
Jakarta: Diva Pustaka.
Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda
Karya.
Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Kary
Muhakamurrohman. Ahmad. 2014. Pesantren: Santri, Kiai, Dan Tradisi, Jurnal Kebudayaan
Islam IBDA 12, no. 2
Mujib, Abdul. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Penada Media.
Mulkhan, Abdul Munir. (2002). Teologi Kiri Landasan Gerakan Membela Kaum Mustad`afin.
Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Mumtahanah, Nurotun. (2015). Pengembangan Sistem Pendidikan Pesantren Dalam
Meningkatkan Profesionalisme Santri. AL- HIKMAH Jurnal Studi Keislaman 5, no. 1
Nilasari, Senja. (2014). Manajemen Strategi Itu Gampang. Jakarta:Dunia Cerdas.
Nor, Mahpuddin. (2006). Portet Dunia Pesantren. Bandung: Humaniora.
Nurani, Fajar D.F. (2019). The Guide Book Of SWOT. Yogyakarta: QUADRANT.
Oktari, Dian Popi. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren, JPIS
Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 2019. Vol. 28, No.1.
Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2014 Indonesia Berkemajuan: Rekonstruksi Kehidupan
Kebangsaan yang Bermakna. Yogyakarta, PPM.
Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2013. Ketentuan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah
Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang Penyelenggaraan Pesantren, Jakarta: Majelis
Dikdasmen PP Muhammadiyah.
al-Qurtubi, Muhammad Bin Ahmad. (2010). Al-Jami‟ li Ahkamil Qur`an. Mesir: Darul Ghad
Al-Jadid.
Raco. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Cikarang: Grasindo.
Rakhmat, Jalalludin. (2004). Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rangkuti, Fredy. 2016. Analisis SWOT: Tehnik membedah kasus Bisnis (Cara perhiungan
bibit, rating dan OCAI). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ridwan, Nasir. (2005_. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal Pondok Pesantren
Ditengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riyadi, Dayun. (2010). Psikologi Agama. Curup: Lp2 STAIN Curup.
Robbins. (2000). Keterampilan Dasar.Jakarta : PT Raja Grafindo.
Saridjo. (2009) Mereka Bicara Pendidikan Islam Sebuah Bunga Rampai, Jakarta: DPP
GUPPI.
Siswanto. (2013). Membangun Motivasi Belajar Pendidikan Non Formal. Semarang:
Fakultas Ilmu pendidikan UNNES.
Soemarjadi. (1992). Pendidikan Keterampilan. Jakarta : Depdikbud.
Sugiyono. 2009 Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan RND. Bandung: ALFABET.
Suryatama, Erwin. (2014). LebihMemahami Analisis SWOT dalam Bisnis. Surabaya: Kata
Pena
Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja
Rosda Karya.
Tim Penyusun. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Tim Pustaka Phoenix. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Media Pustaka
Pheonix.
Tohirin. (2012). Metode Kualitatif Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Toni, Hariya. (2016). Pesantren Sebagai Potensi Pengembangan Dakwah Islam, Jurnal
Dakwah Dan Komunikasi 1, no. 1
Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan
dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Umar, Husein. (2001). Strategic Management In Action. Jakarta: PT Gramedia Pustaka
utama.
Wahid, Abdurrahman. (1995).Pesantren sebagai Subkultur, dalam M. Dawam Rahardjo (ed.)
Pesantren dan Pembaharuan, cet. 5 .Jakarta: LP3ES
Wahyudi, Bambang. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Sulita.
Zuhairini dkk. (2000.) Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.